fv

Selasa, 12 Maret 2013

Wacana Iklan Kapsul Bersih Darah Kembang Bulan

OKTA MARIA ULVA
NIM A1B110217



                                                        Struktur Wacana Iklan

Struktur wacana iklan terdiri dari:
a.       Butiran utama,
b.      Badan,
c.       Penutup
·         Teknik keras
·         Teknik lunak

Contoh iklan:
Kapsul bersih darah kembang bulan. Terbukti memperlancar peredaran darah, mencegah timbulnya jerawat dari dalam serta menyembuhkan penyakit kulit akibat darah kotor. Minum secara teratur kapsul bersih kembang bulan dan rasakan kulit sehat, bersih terawat.

Berikut ini adalah analisis mengenai iklan diatas.
a.       Butiran Utama
Butiran utama merupakan pernyataan yang menyatakan batas khalayak sasaran yang ditujukan untuk menarik perhatian konsumen yang menjadi sasarannya. Selainj itu, juga dimanfaatkan untuk menarik perhatian pada awal komunikasi.
Contoh:
“ Kapsul bersih kembang bulan. Terbukti memperlancar peredaran  darah, mencegah btimbulnya jerawat”.
Sasaran khusus calon konrsumen produk yang diiklankan tersebut tertuju pada wanita dewasa. Hal tersebut dapat dilihat pada “terbukti memperlancar peredaran darah, mencegah timbulnya jerawat” Biasanya hal ini cenderung dialami pada wanita.

b.      Badan Iklan
Setelah menarik perhatian, tujuan yang kedua adalah menarik minat dan kesadaran calon konsumen. Hal inilah yang menjadi dasar badan iklan.  Dalam hal ini, hendaknya bagian badan wacana iklan mengandung alasan yang  objektif  berupa informasi yang dapat diterima oleh nalar calon konsumen. Selain alasan yang bobjektif, badan iklan wacana juga harus  mengandung alasan subjektif berupa hal-hal yang daipat mengajak emosi calon konsumen.
Contoh:
A:Kapsul bersih kembang bulan, mencegah timbulnya jerawat dari dalam serta menyembuhkan penyakit kulit akibat darah kotor.
B:Minum secara teratur kapsul bersih kembang bulan. Rasakan kulit sehat, bersih terawat. 
Alasan subjektif dalam  pengalan iklan tersebut, adalah dengan mengkonsumsi kapsul bersih kembang bulan, kita akan terhindar dari penyakit kulit dan timbulnya jerawat. Sedangkan motif objektif yang dipaparkan adalah pembeli dapat merasakan kulit sehat, bersih bterawat.

c.       Penutup
Bagian penutup suatu wacana iklan dapat berisi informasi-informasi lain yang berhubungan dengan topik yang diiklankan.Misalnya berupa nomor telefon, cap dagang, dan tempat pelayanan.Terdapat beberapa pengembangan bagian penutup wacana iklan radio, yaitu teknik keras dan teknik lunak.
Contoh:
Minum secara teratur kapsul bersih darah kembang bulan dan rasakan kulit sehat bersih terawat. 
Contoh  iklan diatas disampaikan dengan teknik lunak.

Selain memiliki struktur wacana, iklan juga memiliki fungsi antara lain:
1.      Insiasi
2.      Respon
3.      Feed Back
 

1 komentar: