NIM A1B110217
Struktur Wacana Iklan
Struktur
wacana iklan terdiri dari:
a. Butiran
utama,
b. Badan,
c. Penutup
·
Teknik keras
·
Teknik lunak
Contoh
iklan:
Kapsul bersih darah
kembang bulan. Terbukti memperlancar peredaran darah, mencegah timbulnya
jerawat dari dalam serta menyembuhkan penyakit kulit akibat darah kotor. Minum
secara teratur kapsul bersih kembang bulan dan rasakan kulit sehat, bersih
terawat.
Berikut
ini adalah analisis mengenai iklan diatas.
a. Butiran
Utama
Butiran
utama merupakan pernyataan yang menyatakan batas khalayak sasaran yang
ditujukan untuk menarik perhatian konsumen yang menjadi sasarannya. Selainj
itu, juga dimanfaatkan untuk menarik perhatian pada awal komunikasi.
Contoh:
“ Kapsul bersih kembang bulan.
Terbukti memperlancar peredaran darah,
mencegah btimbulnya jerawat”.
Sasaran
khusus calon konrsumen produk yang diiklankan tersebut tertuju pada wanita
dewasa. Hal tersebut dapat dilihat pada “terbukti memperlancar peredaran darah,
mencegah timbulnya jerawat” Biasanya hal ini cenderung dialami pada wanita.
b. Badan
Iklan
Setelah
menarik perhatian, tujuan yang kedua adalah menarik minat dan kesadaran calon
konsumen. Hal inilah yang menjadi dasar badan iklan. Dalam hal ini, hendaknya bagian badan wacana
iklan mengandung alasan yang
objektif berupa informasi yang
dapat diterima oleh nalar calon konsumen. Selain alasan yang bobjektif, badan
iklan wacana juga harus mengandung
alasan subjektif berupa hal-hal yang daipat mengajak emosi calon konsumen.
Contoh:
A:Kapsul
bersih kembang bulan, mencegah timbulnya jerawat dari dalam serta menyembuhkan
penyakit kulit akibat darah kotor.
B:Minum
secara teratur kapsul bersih kembang bulan. Rasakan kulit sehat, bersih
terawat.
Alasan
subjektif dalam pengalan iklan tersebut,
adalah dengan mengkonsumsi kapsul bersih kembang bulan, kita akan terhindar
dari penyakit kulit dan timbulnya jerawat. Sedangkan motif objektif yang
dipaparkan adalah pembeli dapat merasakan kulit sehat, bersih bterawat.
c. Penutup
Bagian
penutup suatu wacana iklan dapat berisi informasi-informasi lain yang
berhubungan dengan topik yang diiklankan.Misalnya berupa nomor telefon, cap
dagang, dan tempat pelayanan.Terdapat beberapa pengembangan bagian penutup
wacana iklan radio, yaitu teknik keras dan teknik lunak.
Contoh:
Minum secara teratur kapsul bersih
darah kembang bulan dan rasakan kulit sehat bersih terawat.
Contoh iklan diatas disampaikan dengan teknik lunak.
Selain
memiliki struktur wacana, iklan juga memiliki fungsi antara lain:
1. Insiasi
2. Respon
3. Feed
Back
okta...
BalasHapus